Connect with us

Jkt News

PBNU Tak Permasalahkan Kunjungan Capres-Cawapres ke Pesantren

Published

on

jktinfo.comJAKARTA Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj tak mempermasalahlan calon presiden dan calon wakil presiden masuk ke pesantren saat masa kampanye Pilpres 2019. Namun ia menegaskan kunjungan tersebut harus sebatas silaturahmi tanpa ada embel-embel politik.

“Boleh (kalau silaturahmi), mempererat persaudaraan,” kata Said di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Minggu (21/10).

Said setuju bahwa pesantren bukan tempat untuk politik praktis.

“Kampanye dalam arti politik praktis saya setuju itu dilarang,” ujarnya.

Silaturahmi kata, Said memang sesuai ajaran Islam. Ia mengatakan silaturahmi itu biasa dilakukan oleh yang muda kepada yang tua, atau dilakukan oleh murid kepada gurunya.

“Sesuai ajaran Islam, ayo kita saling kunjung mengunjungi, memaafkan, yang muda mendatangi yang tua, murid, guru, biasa itu,” tuturnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyatakan pesantren termasuk lembaga pendidikan yang tidak diperbolehkan menjadi tempat kampanye. Kampus menjadi tempat pendidikan lain yang tak boleh digunakan berkampanye.

Hal ini diatur dalam Pasal 280 ayat (1) huruf h Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin diketahui kerap melakukan kunjungan ke sejumlah pesantren. Tercatat ia telah mengunjungi delapan pesantren di Jawa Timur, sejumlah pesantren di Banten, sertaPondok Pesantren Al Muhajirin di Purwakarta untuk menghadiri acara doa bersama dan penggalangan dana untuk korban gempa di Sulawesi Tengah.

Ma’ruf sendiri mengatakan kunjungan ke pesantren tersebut hanya sekadar untuk silaturahmi ke pimpinan maupun para santri sekaligus meminta restu dan dukungan di Pilpres 2019.

“Iya, saya beri alasan, minta dukungan dan doa sesama warga pesantren,” kata Ma’ruf saat ditemui di Kantor MUI, Jakarta, Selasa (9/10).

Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga tercatat sempat berkunjung ke sejumlah pesantren. Prabowo, misalnya, sempat mengunjungi Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, KH Maimoen Zubair alias Mbah Moen.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

berita terhangat

%d bloggers like this: